Sakit Tenggorokan karena Peradangan? Ternyata Inilah Sebabnya


Radang tenggorokan atau yang dikenal dengan faringitis merupakan hal yang umum terjadi. Akan tetapi, kondisi tersebut jangan dibiarkan karena bisa menjadi parah dan sangat mengganggu. Anda harus segera menanganinya dengan meminimalisir penyebabnya. Ternyata, sakit tenggorokan berupa peradangan ini banyak pula pemicunya. Apa sajakah itu?

1.    Infeksi Virus dan Bakteri
Virus dan bakteri menjadi penyebab utama radang tenggorokan. Infeksi yang disebabkan oleh aktivitas virus dan bakteri ini akan semakin parah jika dibiarkan. Virus penyebab faringitis ini juga mengarah pada sakit flu, influenza, infeksi saluran pernapasan, atau lainnya. Karenanya, faringitis ini dikenal sebagai gejala dari beberapa penyakit.

Faringitis karena bakteri juga perlu diwaspadai karena dapat menimbulkan demam rematik. Gejalanya disertai dengan leher bengkak, muncul bercak putih di tenggorokan, tenggorokan merah, serta suhu badan meningkat sekaligus menggigil.

2.    Tenggorokan Kering
Anda pasti pernah mengalami tenggorokan kering, terlebih saat berada di lingkungan yang panas atau kering. Lebih dari itu, lupa atau kurang minum menjadi hal sepele yang justru berakibat fatal menyebabkan tenggorokan kering sampai mengalami peradangan.

3.    Alergi
Faktor pemicu radang tenggorokan berikutnya adalah alergi. Terdapat berbagai macam alergi, di antaranya alergi udara dingin, alergi bulu binatang peliharaan, alergi debu, alergi serbuk sari, dan sebagainya. Kasus alergi ini dapat menyebabkan rasa gatal, sakit, dan menggelitik di area hidung dan tenggorokan. Lama kelamaan, hal tersebut menyebabkan sakit tenggorokan karena radang.

4.    Polusi Udara
Menghirup udara yang kotor adalah salah satu pemicu utama faringitis. Polusi udara adalah salah satu kasusnya yang harus diwaspadai. Saat bepergian atau saat berada di suatu tempat yang berpolusi, sebaiknya Anda sebisa mungkin menghindarinya atau meminimalisasi dengan penutup hidung dan mulut. Anda bisa gunakan masker sebagai penangkal udara kotor.

5.    Perubahan Tekanan Udara
Faringitis juga dapat disebabkan karena perubahan tekanan udara. Contohnya adalah saat iklim tidak stabil dan berubah drastis. Kasus lainnya adalah ketika berpindah dari tempat bertekanan udara tinggi ke rendah, misalnya dari pegunungan ke dataran rendah atau pantai. Kelembaban udaranya sangat berbeda, sehingga penyesuaian tidak stabil. Inilah penyebab radang tenggorokan.

6.    Iritan (Bahan Kimia)
Faktor penyebab berikutnya adalah iritan atau bahan kimia, seperti rokok, alkohol, dan bahan kimia lain yang membahayakan jika terhirup. Berbagai faktor ini dapat berbahaya bagi kesehatan saluran pernapasan. Karenanya, hindarilah asap rokok, alkohol, dan lingkungan sekitar pabrik kimia. Jika memang bekerja di pabrik, gunakan masker dan pelindung sesuai aturan.

Banyaknya pemicu radang tenggorokan ini harus diwaspadai. Anda harus lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan dan menghindari lingkungan yang tidak sehat. Perlindungan dengan masker bisa membantu. Tetaplah untuk beristirahat dan segera gunakan obat alami untuk meredakan sakit tenggorokan sebelum radang semakin parah. Hal ini sudah dibahas di situs Orami.