Ingin Bangun Rumah Type 36? Berikut Perkiraan Budget yang Diperlukan


Rumah merupakan salah kebutuhan primer yang perlu dipenuhi oleh manusia. Namun sayangnya harga kebutuhan papan ini dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan harga. Hal ini dikarenakan lahan yang ada semakin terbatas terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan dan kota besar lainnya.

Bukan hanya harga lahan yang semakin meningkat namun harga material bahan bangunan seperti pasir, semen, cat, batu bata, besi dan lainnya juga selalu mengalami peningkatan. Tak heran bila saat ini sebagian orang terancam tak memiliki tempat tinggal dikarenakan harganya yang terus melambung.

Ingin Bangun Rumah Type 36? Berikut Perkiraan Budget yang Diperlukan

Namun jangan khawatir, ada cara untuk membuat pengeluaran akan kebutuhan tempat tinggal ini untuk menjadi lebih minimalis. Caranya adalah dengan membeli lahan terlebih dahulu baru kemudian bangun rumahnya secara bertahap. Dengan kata lain, membeli tidak membeli rumah langsung jadi seperti yang ditawarkan oleh pengembang perumahan.

Biaya Membangun Rumah Type 36


Biaya membangun sebuah rumah tergantung dari berbagai hal, salah satunya adalah ukuran rumah. Saat ini berbagai macam pilihan ukuran rumah sudah ada dan dapat diambil sebagai sebuah sampel. Ukuran yang paling umum rumah dibangun adalah rumah type 36. Sebenarnya berapa sih biaya untuk pembangunan rumah type 36.

Sebagai gambaran jika belum tersedia lahan, maka anda perlu menganggarkan terlebih dahulu biaya untuk penyediaan lahannya. Tentu saja berapa besar biaya tergantung dari lokasi dimana lahan itu berada. Semakin strategis suatu tempat maka biaya yang dikeluarkan hanya untuk sepetak lahan menjadi besar. Maka perhatikan terlebih dahlu apakah lahan yang anda pilih berada pada lokasi strategis atau bukan.

Sebelum mulai menghitung Rencana Anggaran Biaya (RAB) untuk membangun rumah pertama kita catat dahulu spesifikasi yang ada dalam rumah misalkan sebagai berikut:

  1. Ruang tamu
  2. Kamar tidur
  3. Kamar mandi dan toilet
  4. Dapur
  5. Teras

Sementara untuk bahan-bahan yang digunakan seperti:

  1. Pondasi batu kali
  2. Dinding batako
  3. Lantai keramik ukuran 40 x 40 cm
  4. Plafond gypsum
  5. Atap genteng beton rangka atap baja ringan
  6. Closet duduk
  7. Lantai kamar mandi keramik ukuran 20 x 20 cm
  8. Septictank 1,5 m x 1,5 m terbuat dari pasangan batako dan penutup lantai beton bertulang
  9. Kusen pintu dan jendal dari alumunium

Berikut Biaya Pembangunan Rumah type 36 Luas Tanah 78 m2.
Misalkan harga tanah per meter persegi adalah Rp 200.000,00 sehingga total biaya pengadaan tanah adalah Rp 156.000.000.

Untuk biaya bangunan sendiri misalkan dianggarkan sebesar Rp 2.000.000. Biaya bangunan adalah biaya mulai dari pondasi, pemasangan batako, tembok hingga sampai ke atap termasuk juga biaya untuk tukangnya. Sehingga biaya seluruh bangunan sebesar 36 x Rp 2.000.000=Rp 72.000.000,00.

Total anggaran yang harus disediakan untuk biaya membangun rumah adalah biaya pengadaan tanah ditambah biaya pembangunannya. Rp 156.000.000,00 + Rp 72.000.000,00 = Rp 228.000.000,00

Demikian cara sederhana menghitung berapa biaya membangun rumah type 36 yang diulas dari blog rumah123.com. Bagaimana mudah bukan?