Tips Menjual Rumah Biar Cepat Laris Dan Harganya Tinggi

 Semua orang niscaya membutuhkan rumah, dan setiap waktunya kebutuhan akan rumah juga selalu meningkat seiring bertambahnya jumlah keluarga. Bisa dibilang, usul akan properti rumah hampir selalu ramai, ini bisa dibuktikan dengan maraknya developer yang berlomba-lomba membangun dan memasarkan perumahan atau semacamnya.

Tapi benarkah rumah akan selalu gampang dijual? Ternyata tidak demikian, pada kenyataannya tidak semua rumah bisa dijual dengan mudah, bahkan sebuah rumah bisa dijual jikalau hanya dengan harga yang pas-pasan. Kenapa bisa begitu?

Menurut kalian, pertimbangan apa yang dilakukan oleh orang yang akan membeli rumah? Akan ada banyak, mulai dari kenyamanan tinggal, akses, keamanan, dan sebagainya. Bahkan jikalau pembelian rumah untuk investasi, tidak akan lepas dari pertimbangan-pertimbangan tersebut. Menurut saya pribadi, pertimbangan dalam membeli rumah ini merupakan pertimbangan yang paling komplek ketimbangan membeli sesuatu lainnya. Itulah alasan kenapa tidak semua rumah akan gampang dijual dengan harga yang tinggi.

Lalu bagaimana cara kita bisa menjual rumah dengan cepat dan harganya tinggi? Saya ada beberapa saran, mungkin bisa kalian coba beberapa tips berikut ini:

 Tips Menjual Rumah Agar Cepat Laku dan Harganya Tinggi Tips Menjual Rumah Agar Cepat Laku dan Harganya Tinggi

Percantik Tampilan Depan dan Isi Rumah

Saya kira akan lebih besar peluang kalian untuk menjual rumah dengan waktu cepat dan harganya tinggi jikalau tampilan rumah lebih cantik. Memang benar ada orang yang mau membeli rumah dan merencanakan untuk mempercantiknya, tapi kalau yang perlu dipercantik itu kebanyakan tentu bisa mengubah pertimbangan orang tersebut.

Saran dari saya, pertama kalian perlu mengatakan kesan “wah” dengan mempercantik belahan rumah yang terlihat dari luar, ini termasuk dengan halaman rumah menyerupai pagar, taman (jika ada), tanaman dipotong rapi, rumput liar dicabuti, dan sebagainya. Kemudian kalian poles belahan dalam rumah supaya kesan “wah” tersebut tidak mengecewakan.

Selain itu, kalian wajib melaksanakan perbaikan dan renovasi jikalau memang diharapkan atau sekiranya bisa meningkatkan nilai jual. Misalnya memperluas garasi jikalau memang masih ada space, menciptakan taman, atau bak ikan.

Oh iya, dari pengamatan saya, ada banyak orang yang lebih gampang terkesan dengan beberapa belahan rumah, diantaranya ialah dapur, taman depan dan belakang rumah, design tangga, dan pemandangan lingkungan sekitar. Mungkin kalian bisa mencoba memaksimalkan bagian-bagian tersebut.

Analisis Kelebihan dan Kekurangan Rumah

Memahami kelebihan dan kekurangan rumah bisa dipakai sebagai contoh dalam memilih harga jual rumah. Menjual rumah itu tidak bisa asal dalam memilih harga, mematok harga terlalu tinggi akan menimbulkan rumah sulit dijual, dan jikalau terlalu murah kalian bisa merugi. Kaprikornus kalian perlu jeli dalam menilai apa kelebihan dan kekurangannya.

Cara pertama dan yang paling gampang yang bisa dilakukan ialah dengan melihat dan mengamati harga pasaran rumah di lingkungan sekitar, berapa harga permeternya? Kemudian kalian juga memasang dengan harga yang kurang lebih sama. Lebih lanjut lagi, kalian bisa memasang harga lebih tinggi atau lebih rendah dengan melihat perbedaan rumah, contohnya dari sisi design rumah yang unik, kualitas material bangunan, atau dari sisi lokasinya.

Antar rumah di tempat yang sama akan bisa mengalami perbedaan nilai jual yang signifikan, contohnya rumah yang susukan masuknya lewat gang kecil biasanya akan jauh lebih murah ketimbang rumah yang berada di pinggir jalan besar, begitu juga dengan perbedaan design, material bangunan, dan kenyamanan dari rumah itu sendiri.

Jual Rumah Secara Online

Tidak bisa dipungkiri kalau mengatakan dengan metode online sanggup menjangkau lebih banyak orang dengan waktu yang relatif lebih cepat. Perkembangan jaman memang menuntut kita untuk mengikutinya, kalau tidak kita yang akan ketinggalan. Nah, rumah ini juga bisa kalian tawarkan secara online, bisa gratisan dan bisa juga dengan beriklan yang membutuhkan sejumlah uang.

Di Indonesia sendiri, sudah ada banyak situs web tempat dimana properti menyerupai rumah diperjualbelikan, sebut saja rumah.com, rumah123.com, lamudi.co.id, olx.co.id, 99.co, rumahku.com, urbanindo.com, rumahdijual.com, dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak situs, kalau ditanya mana yang terbaik? Jawabannya relative ya, tapi kalau saya sendiri lebih suka dengan rumah123.com dan urbanindo.com.

Tips dikala kalian memutuskan mengatakan rumah secara online, kalian wajib mengatakan gosip dan gambar/video selengkap mungkin, ini untuk menarik perhatian awal dari calon pembeli. Tapi tentu dengan sudut terbaik tanpa melebih-lebihkan.

Oh iya, jual rumah online dengan jual barang lain itu sangat berbeda ya, kalau jual barang lain hanya dengan foto dan video saja mungkin sudah bisa meyakinkan pembeli. Tapi kalau rumah tidak bisa, calon pembeli gres akan yakin 100% kalau sudah melihat dengan mata kepalanya sendiri, atau dari perwakilannya yang dipercaya. Kaprikornus sia-sia jikalau kalian mengatakan gosip atau foto/video yang tidak sesuai.

Pertimbangkan Menggunakan Jasa Makelar

Makelar atau istilah kerennya broker, merupakan pihak yang sanggup mempertemukan antara penjual dengan pembeli, biasanya broker bisa menjual properti dengan lebih cepat alasannya sudah mempunyai banyak koneksi. Walaupun demikian, kadang banyak orang yang tidak mau memakai jasanya alasannya harus mengatakan komisi, tidak mau ada pihak yang ikut campur, dan sebagainya. Tapi tahukah kamu, sebetulnya memakai jasa broker itu ada banyak untungnya lho, khususnya jikalau kalian memang benar-benar tidak mengerti perihal bisnis properti.

Dengan jasa broker, kalian bisa memilih harga jual rumah dengan tepat, mereka akan mengembangkan analisis untuk kalian, serta mereka juga bisa mengatakan saran-saran supaya nilai jual rumah bisa melambung tinggi. Dengan komisi rata-rata 2.5% dari nilai jual rumah, broker akan menangani semua kebutuhan jual beli rumah, kalian tidak perlu repot-repot dan cukup duduk manis.

Saya pribadi sangat menyarankan untuk memakai broker jikalau rumah memang sulit terjual alasannya beberapa kondisi menyerupai lokasi yang tidak ideal, kenyamanan rendah, dan lain-lain. Broker akan membantu untuk memecahkan permasalahan menyerupai itu. Dimana menemukan broker? Biasanya broker akan menghubungi sendiri dari iklan-iklan yang kalian lakukan, mereka sanggup mengatakan dirinya untuk membantu. Jika kalian setuju, maka terimalah tawarannya.

Belajar Untuk Meyakinkan

Yang perlu kalian perhatikan di sini, seorang calon pembeli itu kadang memang sudah yakin dengan sendirinya dikala melihat rumah secara langsung, tapi ternyata itu bukan jaminan bahwa mereka akan membelinya. Kenapa? Jangan dipikir mereka hanya yakin dengan rumah kalian saja, seorang calon pembeli biasanya sudah melaksanakan survei terhadap rumah-rumah lain, jikalau belum maka mereka akan segera melakukannya. Jika ada yang bisa menciptakan mereka lebih yakin, tentu rumah kalian akan ditinggalkan.

Kaprikornus disini kalian harus bisa meyakinkan mereka lebih lebih dan lebih dalam lagi, munculkan perasaan “ingin segera membeli” di hati mereka, bukan hanya sekedar perasaan “wah, rumahnya bagus” saja. Kemampuan komunikasi sangat penting di sini, tips sederhana dari saya, yaitu mulai dari ramah dikala berbicara, dan jangan hanya fokus akan kelebihan rumah saja.

Kelemahan harus diungkapkan juga? Menurut saya iya, come on di dunia ini tidak ada yang sempurna, dan semua orang menyadari hal itu. Seringkali orang justru akan lebih yakin jikalau mengetahui kelemahan dari sesuatu, tidak melulu kelebihan-kelebihannya dan menimbulkan kelemahan tetap misteri yang akan menciptakan semakin ragu saja.

Oke ya kawan-kawan, itulah tips menjual rumah supaya cepat laris dan harganya bisa tinggi. Semoga tips di atas bermanfaat dan membantu menjual rumah kalian. Jangan lupa share juga artikel ini ya, thanks dan salam sukses.