Tips Menentukan Supplier Dropship Yang Baik, Terpercaya, Dan Profesional

Bisnis jualan dengan sistem dropship memang menggiurkan, selain sebab ekonomis biaya, bisnis dropship juga terbilang cukup mudah. Tidak perlu repot packing, kulakan, perawatan stok, dan sebagainya, kita hanya perlu memasarkannya saja. Saya sendiri sudah cukup usang terjun dalam bisnis dropship, suka dukanya sudah saya sendiri rasakan juga.

Di awal-awal memulai bisnis dropship, kesulitan terbesar yang saya hadapi yakni menemukan supplier yang baik dan yang bisa dipercaya. Kalau hanya menemukan supplier saja, saya kira sangat mudah, searcing aja di Google, kalian akan menemukannya banyak sekali. Tapi yang sulit itu menentukan diantara sekian banyak supplier, mana yang terbaik, bisa dipercaya, dan profesional.

Seperti apa supplier yang baik itu? Tentu saja supplier yang tidak merugikan kalian. Hati-hati ya, tidak semua supplier dropship itu baik, di luar sana ada banyak supplier yang badung dan tidak profesional, contohnya supplier yang tidak mau bertanggung jawab dengan produk yang cacat atau rusak, bisa juga supplier yang justru mencuri pembeli kalian dengan mencantumkan nomor mereka ke paket kiriman.

Lalu bagaimana caranya menentukan supplier dropship yang baik itu? Saya ada beberapa tips yang bisa kalian terapkan, berikut tips dari saya:


Tips Memilih Supplier Dropship Yang Baik Tips Memilih Supplier Dropship Yang Baik, Terpercaya, dan Profesional

Mencoba Membeli Produknya

Seperti yang saya sebut di atas, supplier bisa mencuri pelanggan kalian dengan mencantumkan nama dan kontak mereka. Bukankah harusnya dalam paket kiriman itu nama dan kontak kalian yang dicantumkan? Jika nama dan kontak supplier yang dicantumkan, maka ada potensi besar pembeli kita tersebut akan beralih ke supplier. Bagi dropshipper, hal semacam ini tentu sangat tidak menguntungkan.

Oleh sebab itu, berdasarkan saya kalian wajib membeli produk dari supplier tersebut untuk melihat apakah supplier badung atau tidak. Pura-puralah kalian mendapatkan calon pembeli, bisa kalian atasnamakan saudara atau teman, kemudian jikalau paket kiriman hingga di saudara atau teman, lihat nama dan kontak siapa yang dicantumkan, apakah punyanya supplier sendiri atau nama dan kontak toko kalian.

Ini memang cukup merepotkan, tapi berdasarkan saya sendiri sangat penting dilakukan. Dan ini akan terasa mengasyikkan jikalau produk yang kalian pilih yakni produk kesukaan kalian. Kaprikornus dikala membeli untuk test supplier, produk tersebut bisa kalian gunakan sendiri juga.

Pilih Supplier Yang Menerima Retur Barang

Tips yang kedua yakni pilihlah supplier yang berani memperlihatkan garansi alias mau mendapatkan retur barang dan bertanggung jawab jikalau produk yang dikirmkan ke pembeli cacat atau rusak. Ini sangat penting, jikalau produk yang dikirimkan rusak atau cacat, pembeli niscaya akan komplain ke kalian dulu. Dan sewajarnya kalian komplai juga ke supplier, nah gimana jadinya jikalau supplier tidak mau bertanggung jawab dengan komplain dari konsumen kalian tersebut?

Pilihannya cuma dua, kalian merugi dengan mengganti dan mendapatkan barang cacat atau rusak tersebut. Dan pilihan kedua yakni dengan tidak mau bertanggung jawab juga dengan komplain tersebut, di mana pilihan kedua ini sangat jelek untuk gambaran toko kalian. Oleh sebab itu, kriteria supplier dropship yang mau memperlihatkan garansi yakni wajib.


Kemudahan Dalam Berkomunikasi

Untuk memudahkan kalian dalam berkomunikasi dengan calon pembeli, maka sewajarnya juga jikalau kalian harus gampang berkomunikasi dengan supplier. Dengan kata lain, saya sarankan untuk menentukan supplier yang fast respon. Kenapa? Dalam prakteknya, kalian niscaya akan banyak mendapatkan pertanyaan-pertanyaan dari calon pembeli, di mana pertanyaan tersebut harus kalian jawab dengan menanyakan terlebih dahulu kepada supplier, contohnya pertanyaan ketersediaan barang, ukuran, kualitas, dan sebagainya.

Jika balasan dari supplier slow respon, ya otomatis kalian juga akan slow respon kepada calon pembeli. Efeknya, calon pembeli bisa beralih ke toko lain, atau sudah tidak mengindahkan balasan kalian sebab dianggap sudah bau atau semacamnya.

Tips dari saya juga, cobalah untuk mencari supplier yang mempunyai banyak admin, jadi kalian bisa beralih dari admin 1 ke admin lainnya. Akan sangat beruntung sekali jikalau kalian bisa menemukan supplier yang bahkan di waktu-waktu istirahat atau hari libur masih menjawab pertanyaan kalian, sebab kenyataannya calon pembeli sering sekali menghubungi di waktu-waktu istirahat ibarat malam hari, dan juga di hari-hari libur.

Update Stok Online

Jika supplier kalian bisa menyediakan update online secara real time di website mereka, maka hal ini akan sangat memudahkan kalian. Kalian bisa cek sendiri barang apa saja yang ready, tinggal berapa barang, dan barang apa yang habis. Ini akan menghemat waktu kalian dalam menjawab pertanyaan dari calon pembeli.

Sebagai dropshipper pemula, adanya update stok ini mungkin tidak wajib, sebab mungkin pembelinya belum terlalu ramai. Tapi, jikalau pembeli sudah ramai, dan aneka macam yang menanyakan ketersediaan produk, maka berdasarkan saya adanya update stok online secara real time ini menjadi wajib. Jika tidak ada, saya yakin sekali kalian akan sangat kerepotan, harus tanya ke supplier dulu gres bisa menjawab, belum lagi jikalau ada pertanyaan lain yang perlu juga ditanyakan dulu ke supplier.

Menginformasikan Produk Secara Lengkap

Nah, selain update stok, akan lebih baik lagi jikalau kalian juga bisa menemukan supplier yang bisa memperlihatkan gosip perihal produk tersebut, contohnya jikalau produk pakaian, maka gosip yang bisa diberikan ibarat bahan, ukuran dada, lengan, panjang pakaian, dan sebagainya. Sekali lagi, ini akan menghemat waktu kalian dalam menjawab pertanyaan calon pembeli.

Pembelajaran Yang Konsisten

Tips selanjutnya untuk menentukan supplier dropship yang baik berdasarkan saya yakni supplier bisa menyediakan media atau materi pembelajaran yang konsisten alias update sesuai situasi dan kondisi yang terjadi. Bentuknya sederhana saja, bisa berupa group wa atau facebook khusus dropshipper. Di dalam group tersebut ada pembelajaran-pembelajaran, ibarat share meningkatkan penjualan dari member lain, tutorial edit gambar atau video untuk meningkatkan daya tarik produk, atau pembelajaran lainnya.

Apapun pembelajarannya selama itu bermanfaat untuk perkembangan bisnis dropship kalian, maka bisa dibilang supplier tersebut baik. Ini menunjukan supplier tidak lepas tangan dengan para dropshippernya. Walaupun hal tersebut pada kesudahannya juga akan menguntungkan supplier, tapi setidaknya supplier mau tumbuh dan berkembang bersama. Toh, dropshipper juga akan diuntungkan.

Harga Yang Kompetitif Sesuai Kualitas Produk

Logikanya, jikalau kita menjual lebih mahal dari supplier, tentu produk yang kita jual akan sulit terjual. Kaprikornus di sini, supplier akan lebih baik jikalau bisa memperlihatkan harga lebih murah dari harga yang mereka jual sehingga kalian sebagai dropshipper bisa lebih leluasa menentukan keuntungannya. Tapi kalian juga tidak bisa asal menentukan supplier yang memperlihatkan harga justru terlalu murah, pertimbangkan pula kualitas dari produk itu sendiri.

Oke ya teman-teman, itulah beberapa tips menentukan supplier dropship yang baik, terpercaya, dan profesional berdasarkan saya. Semoga tips-tips di atas bermanfaat dan membantu kalian menemukan supplier dropship terbaik. Jangan lupa share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.