Tips Biar Akun Bisnis Instagram Terlihat Lebih Profesional

Jika kalian punya bisnis dan tetapkan untuk memakai Instagram sebagai salah satu media pemasaran, maka wajib hukumnya untuk menciptakan akun bisnis tersebut nampak lebih profesional. Dengan menampilkan keprofesionalannya, kalian akan bisa mendapat lebih banyak pembeli.

Salah satu faktor penting yang menghipnotis orang untuk membeli yakni terjawabnya secara faktual pertanyaan “apakah toko ini bisa dipercaya?”, dan tentu saja ada banyak faktor yang bisa menimbulkan toko kalian dianggap bisa dipercaya atau tidak.

Langkah pertama untuk menimbulkan toko online kalian bisa dipercaya yakni menciptakan akun bisnis Instagram menjadi tampak lebih profesional. Ini penting untuk menunjukkan kesan pertama yang faktual supaya calon pembeli tidak buru-buru beralih ke akun lain.

Bagaimana caranya supaya akun bisnis Instagram terlihat lebih profesional? Ada banyak aspek yang bisa kalian lakukan, beberapa diantaranya yakni sebagai berikut:


Tips Agar Akun Bisnis Instagram Terlihat Lebih Profesional Tips Agar Akun Bisnis Instagram Terlihat Lebih Profesional

Ganti Tipe Akun

Jika akun Instagram kalian sudah akun bisnis, maka kalian bisa meninggalkan poin pertama ini. Tapi jikalau akun masih personal, sebaiknya kalian ganti dulu ke akun bisnis. Kenapa harus menggantinya? Logika sederhananya, personal memang dikhususkan untuk perorangan sedangkan akun bisnis dikhususkan untuk akun bisnis, termasuk toko online. Selain itu, dengan beralih ke akun bisnis kalian akan mendapat fitur yang tidak akan bisa ditemukan di akun personal.

Apa saja fitur tersebut? Yang paling terasa keuntungannya yakni adanya fitur Insight, ini merupakan fitur untuk mengukur kinerja akun kalian, mulai dari melihat kunjungan profil, jangkauan, impresi, lokasi dari follower, usia, jenis kelamin, dan sebagainya. Fitur ini tentu akan bermanfaat sekali untuk memilih dan tetapkan strategi-strategi yang perlu dilakukan kedepannya.

Bagaimana cara beralih ke akun bisnis? Praktis banget caranya, kalian tinggal klik gambar tiga garis di pojok kanan atas, klik Pengaturan, klik Akun, klik Beralih ke Akun Bisnis, klik Lanjutkan, dan ikuti instruksi yang ditampilkan. Tidak butuh waktu 5 menit untuk beralih ke bisnis, sangat gampang dan cepat.

Lengkapi Info Profil

Kadang orang hambar dengan gosip profil di akunnya, dan kadang juga banyak akun yang menunjukkan gosip profil tidak penting berdasarkan saya. Info profil di Instagram dibatasi hanya 150 karakter, jadi kalian perlu memanfaatkan dengan baik, dahulukan gosip pokok sebelum gosip yang sekedar basa-basi. Setidaknya, gosip wajib yang perlu kalian berikan yakni profil bisnis kalian dan aba-aba singkat yang bisa diikuti.

Selain itu, kalian juga perlu melengkapi tombol kontak, alamat web, dan juga alamat kantor kalian. Jika tidak punya alamat web, bisa kalian arahkan ke URL WhatsApp. Caranya, copy URL ini: wa.me/nomor?text=hai+admin. Ganti goresan pena merah “nomor” dengan nomor kalian, ganti goresan pena biru dengan kata yang kalian inginkan. Kalian masuk ke Edit Profil, klik situs web, dan pastekan di kolom yang tersedia.

Sorotan Yang Memuat Info Penting

Sorotan ini bisa menjadi kepanjangan tangan dari aba-aba singkat yang saya maksud di atas, contohnya cara order, format order, garansi, testimoni, dan gosip lain yang bisa memudahkan calon pembeli. Pentingkah sorortan itu? Menurut saya penting, sosotan bisa memuat goresan pena dan klarifikasi panjang yang tidak bisa kalian jelaskan di gosip profil.

Oh iya, sorotan juga merupakan salah satu keunggulan dari akun bisnis Instagram, akun personal tidak akan ada fiturnya. Jadi, dengan adanya sorotan saja sudah sanggup dipastikan akun kalian akan terlihat lebih profesional, tampak beda dari kebanyakan akun lain, dan menciptakan design tampilan semakin menawan.

Postingan Yang Rapi

Posting foto atau video secara rapi dan konsisten akan menciptakan akun bisnis menjadi terlihat lebih profesional. Ada beberapa indikator yang berdasarkan saya bisa disebut rapi, dan ini semaksimal mungkin selalu saya upayakan, diantaranya yakni kualitas gambar atau video yang baik dan tidak doble posting dalam waktu yang dekat. Kenapa tidak doble posting? Ini akan nampak buruk dan membosankan, kesannya tidak rapi.

Dan perlu juga diperhatikan jikalau kalian tetapkan memposting dengan cara Instagram Grid (satu foto menjadi beberapa bagian), jikalau kedepannya tidak bisa konsisten maka Instagram Grid tersebut akan hancur dan mengakibatkan postingan sekilas terlihat tidak rapi.

Beriklan Secara Resmi di Instagram

Cara ini memang membutuhkan lebih banyak pengorbanan, yaitu uang, namun cara ini saya rekomendasikan banget untuk kalian coba. Kenapa? Pertama, tujuan awal kalian akan tercapai, calon pembeli yang mengetahui akun bisnis kalian dari iklan resmi, tentu akan berpikiran bahwa toko kalian profesional dan sanggup dipercaya. Kedua, dengan cara ini kalian bisa mendatangkan banyak calon pembeli yang potensial.

Saya sudah pernah iklan di Instagram, dan berdasarkan saya hasilnya cukup memuaskan, bisa menambah follower dan produk dilihat oleh puluhan ribu orang, biayanya juga tidak terlalu mahal, patut sekali kalian coba.

Perbanyak Follower

Ini memang tidak wajib, tapi dampaknya akan sangat besar. Saya pribadi, jikalau melihat akun bisnis yang mempunyai banyak follower, pribadi mengasumsikan sebagai akun yang profesional dan patut dipercaya. Pasalnya saya berpikir, dengan banyak follower menyerupai itu tentu sudah ada hal baik yang dilakukan oleh akun tersebut sehingga bisa diikuti oleh banyak orang, itu jikalau memang akun toko online ya bukan akun yang kontroversi dan semacamnya.

Ini yakni alasan lain kenapa kalian perlu meningkatkan jumlah follower, selain untuk meningkatkan potensi penjualan juga untuk meningkatkan profesionalitas dan kredibilitas.

Hindari Komunikasi Yang Tidak Perlu dan Tidak Senonoh

Hati-hati saat kalian merangkai kata-kata, salah sedikit dan kebiasaan buruk akan fatal akibatnya. Kalian perlu berkomunikasi dengan profesional, tidak harus formal namun jangan hingga asal menulis. Contoh sederhana namun berdasarkan saya kurang pas, yaitu kebanyakan tertawa dengan menulis kata “hahaha”, “wkwkwk”, atau menulis dengan emot tertawa terbahak-bahak.

Apakah kalian bisa membedakan kesan dari tertawa? Misalnya “hahaha” dengan “hehehe”, berdasarkan saya ini kesannya lebih kesopansantunan, “hahaha” tidak cocok dipakai kepada konsumen, lebih baik pakai “hehehe” atau dengan emot senyum bukan emot tertawa ngakak.

Selain itu, hindari juga komunikasi dengan kata yang kotor, menghujat, atau mendiskriminasikan golongan. Jika pun kalian dibentuk kesal oleh calon pembeli, jangan emosi dan tetap sabar, tetap gunakan kata yang kalem. Ingat, seribu kebaikan yang kalian buat bisa dihancurkan dengan 1 kesalahan saja.

Oke ya guys, itulah tips dan cara supaya akun bisnis Instagram terlihat lebih profesional berdasarkan saya. Semoga tips dan cara di atas bermanfaat dan membantu kalian dalam membangun bisnis. Jangan lupa share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.