Belajar Dari Kesuksesan Waroeng Istimewa Sambal Ss Dalam Mengelola Bisnis

Belajar Dari Kesuksesan Waroeng Spesial Sambal SS Dalam Mengelola Bisnis – Bagi para pecinta masakan pedas, mungkin sudah tidak ajaib lagi dengan rumah makan waroeng Istimewa sambal ini. Waroeng yang berkantor sentra di Jogja ini telah mempunyai 80 cabang di Jawa-Bali, yang selalu konsisten menghadirkan masakan untuk para pecinta pedas.

Ada satu hal menarik di balik kesuksesan Waroeng Spesial Sambal SS, yaitu setiap cabangnya baik gres maupun lama, selalu sanggup menarik pelanggan tanpa adanya promosi. Ini beneran, semenjak awal berdirinya SS 15 tahun yang kemudian hingga sekarang, mereka tak satu kali pun melaksanakan promosi. Anehnya, dengan tanpa promosi ini, di setiap waroengnya selalu saja rame, bahkan mengalahkan rumah makan yang “boros” promosi.

Ini terang ada sesuatu di SS, ada semacam daya pikat yang menciptakan para pelanggan ini selalu mendatangi SS untuk makan. Apa diam-diam masakan Yoyok Heri Wahyono selaku pemilik Waroeng Spesial Sambal SS? Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan rahasianya, ini merupakan hasil analisis dari saya dan dari perkataan Yoyok Heri Wahyono sendiri ketika menjadi pembicara di acara-acara tertentu. Berikut beberapa diam-diam suksesnya:


Belajar Dari Kesuksesan Waroeng Spesial Sambal SS Dalam Mengelola Bisnis Belajar Dari Kesuksesan Waroeng Spesial Sambal SS Dalam Mengelola Bisnis

Merintis Usaha Di Kota Perantauan
Pada tahun 2002 silam atau 15 tahun yang lalu, Waroeng Spesial Sambal hanyalah sebuah warung tenda di pinggir jalan di sekitaran kampus UGM Yogyakarta. Tapi kini sudah mempunyai 80 cabang warung di penjuru pulau Jawa dan Bali. Hebatnya lagi, mereka tidak membuka cabang dengan sistem waralaba, namun benar-benar real dari modal sendiri.

Salah satu yang berperan atas suksesnya SS yakni pemilihan kota yang sempurna ketika merintis warung. Ya, diawal-awal membuka dulu SS telah menentukan kota yang tepat, yaitu di Jogja yang notabene merupakan kota pelajar dan kota wisata. Lalu apa hubungannya?

Makara begini, dengan predikat kota pelajar dan wisata, secara otomatis Jogja penuh dengan orang dari luar kota, baik kuliah maupun hanya sekedar wisata. Nah, orang-orang dari luar ini, akan merasakan sajian SS di cabang jogja. Ketika mereka pulang ke kota asal, maka mereka sudah tidak ajaib lagi jikalau menemui SS dikotanya, dan alasannya yakni mereka sudah tau kalau sajian SS memang enak maka mereka tidak ragu untuk mendatanginya, dan bukan mustahil mereka akan menjadi biro pemasaran SS dengan mengajak kawan-kawan di kotanya untuk mencicip sajian SS.

Hal ini terlihat simple dan sulit dipercaya, tapi percaya ajalah alasannya yakni memang ini faktual adanya. Kebanyakan ini terjadi pada belum dewasa kuliah yang berasal dari luar kota dan ngekos di jogja. Karena SS ini selain nikmat, tapi juga bersahabat di kantong, maka jadilah SS menjadi sahabat bersahabat belum dewasa kos. Dan sehabis mereka kembali ke kota asal, mereka akan menjadi biro promosi bagi SS.

Beruntung jikalau kalian ketika ini berada di kota perantauan dan berniat menyebarkan bisnis di kota-kota lainnya. Dengan taktik menyerupai ini, kau akan lebih gampang dalam hal promosi dan mengundang pelanggan. Tapi ingat, taktik menyerupai ini bisa menjadi pisau bermata dua, jikalau kesan dari pelanggan positif maka baik untuk bisnismu tapi jikalau kesannya negatif maka bisa menjadi boomerang.

Laris Dulu, Baru Laba
Mengembangkan bisnis membutuhkan budi dan kesabaran yang besar. Tidak sedikit, para pelaku bisnis pemula yang terlalu garang untuk mendapat laba, dan akhirnya bukan malah untung tapi rugi yang di dapat. Jika pun laba, itu hanya sementara dan tidak bertahan lama.

Rahasia kedua dari suksesnya Waroeng Spesial Sambal SS yakni alasannya yakni adanya konsep “laris dulu gres laba” yang selalu diucapkan oleh Yoyok Heri Wahyono. Dengan konsep ini, bukan berarti mereka kemudian menunjukkan makan gratis untuk pelanggan, tetapi lebih ke memaksimalkan pelayanan dan menjaga kualitas rasa sajian.
Advertisement

Apa bentuk memaksimalkan pelayanan dan menjaga kualitas rasa sajian itu? Pertama, pastikan pelanggan tidak kapok untuk tiba kembali. Ketika pelanggan kecewa jikalau ada lalat di makanannya misalnya, maka jangan ragu untuk mengganti hidangan tersebut, atau gratiskan semua hidangan yang di order. Jika mereka kecewa dengan lamanya menunggu pesanan datang, maka puaskan dengan sajian yang lezat. Jangan pernah mengurangi dosis resep untuk menghemat biaya, alasannya yakni hal menyerupai itu akan merusak kualitas sajian.

Intinya di sini yakni bagaimana kau memuaskan konsumen, atau menambal kekecewaan konsumen dengan kepuasan. Lebih baik kini kalian rugi atau mendapat untung sedikit untuk memupuk kepuasan konsumen yang di masa depan niscaya akan berdampak positif untuk berkembangnya bisnis kamu, daripada mengambil untung sebesar-besarnya kini tapi di masa depan tidak meyakinkan eksistensi bisnis kamu.

Tak Semua Produk Harus Memberi Untung
Secara perhitungan, kita memang selayaknya mematok harga di atas biaya produksi suatu produk untuk memperoleh keuntungan atau untung. Tapi jikalau kalian mempunyai taktik yang anggun dan bisa memanfatkan kondisi, mungkin kalian bisa mencoba dengan mengabaikan untung-rugi di beberapa produk. Apa tujuannya? Tujuannya yakni untuk memuaskan konsumen dan supaya menjadi ciri khas dari bisnis kau yang akan sulit dilupakan pelanggan.

Dalam kenyataanya, Waroeng Spesial Sambal SS sudah menerapkan taktik ini, bahkan bisa dibilang sangat berani dalam penerapannya alasannya yakni produk yang diabaikan untung-ruginya yakni produk nasi yang notabene sangat vital untuk bisnis kuliner. Hanya dengan membeli nasi satu kali, selama di makan di waroengnya (tidak dibawa pulang dan tidak nambah orang), maka pelanggan bebas untuk nambah nasi sepuasnya.

Secara perhitungan, jikalau kita hitung nasinya saja maka SS sudah bisa di pastikan akan rugi alasannya yakni hampir semua pelanggan akan meminta tambah nasi. Tapi jikalau kita hitung secara keseluruhan dari hidangan yang mereka pesan, maka SS akan memperoleh untung. Bagaimana bisa terjadi? Hal ini alasannya yakni pelanggan akan memakan lebih banyak alasannya yakni tambah nasi gratis, dan tanpa sadar memungkinkan mereka untuk memesan lauk, minuman, atau sambal lebih banyak dari biasanya. Menu lainnya itu tidak gratis, sehingga bisa menunjukkan SS keuntungan melebihi kerugian atas nasi tersebut.

Managemen yang Kuat dan Solid
Rahasia terakhir dari kesuksesan Waroeng Spesial Sambal SS yakni alasannya yakni mempunyai managemen yang berpengaruh serta mempunyai kerjasama yang solid. Hal ini lebih ke budaya kerja yang dimiliki SS yang begitu luar biasa. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporannya dilakukan dengan disiplin, tegas, dan penuh tanggungjawab.

Di SS, setiap standar harus dilakukan dengan benar, contohnya standar clean up meja, menyambut konsumen yang datang, standar masak, standar kasir, dan lain sebagainya. Jika sekalipun tertangkap berair standar tersebut tidak dilakukan, maka managemen tidak ragu untuk menunjukkan hukuman. Tapi sebaliknya juga, di SS banyak reward yang diberikan untuk karyawan yang berprestasi dan berkinerja baik.

Selain itu, di managemen itu yang dipikirkan tidak hanya soal pekerjaan saja tapi juga dipikirkan dilema kesejahteraan karyawan, kesehatan, dan religius. Buktinya, setiap karyawan di SS di berikan honor jauh lebih besar dari UMR/UMK, setiap kamis ada olahraga bersama, bahkan tak jarang di adakan pengajian untuk memperkuat mental karyawannya.

Oke, itulah beberapa diam-diam kesuksesan Waroeng Spesial Sambal SS yang bisa kita pelajari dan dicoba untuk diterapkan. Semoga ulasan dari saya di atas bermanfaat dan menambah wawasan kalian semuanya. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.